HANYA INGIN BERBAGI INFORMASI by Amir Hamzah


Amir Hamzah. Powered by Blogger.

25 October 2012

Sejarah E-mail

Hanya Ingin Berbagi - Sejarah tentang e-mail tidak terlepas dari sejarah munculnya internet, pada tahun 1969, melalui proyek yang dimotori oleh departemen pertahan Amerika, dengan nama ARPAnet.

Konsep e-mail pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan amerika.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga, orang lain yang memakai komputer itu bisa membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal dari terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim oleh Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".

Sumber gambar ini saya ambil dari http://openmap.bbn.com

Inilah komputer pertama yang digunakan untuk mengirim e-mail oleh Ray tomlinson. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon '@' sebagai identitas e-mail untuk memisahkan antara user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berati "at" atau "pada". Ketika ditanya alasannya memilih lambang @, Ray menjawab "I scanned the keyboard for a sign that wouldn't appear om anyone's name, and couldn't appropriate meaning, since in English, at least, it is the abbreviation for "at".

Contoh alamat e-mail:
nama.anda    @    gmail.com..............
  User-ID                  Domain

Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu disebelah kiri dari tanda @ disebut user id (nama.anda), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User id juga menjadi nama bagi mailbox yang dimiliki seseorang pada sebuah mail server. Sedangkan teks setelah lambang @ (gmail.com) disebut domain name / host name, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.

Hingga saat ini, teknologi e-mail selalu dikembangkan, mulai dari awalnya hanya mampu mengirimkan teks saja hingga sekarang sudah bisa kita mengirim dengan format grafik dan fitur-fitur lainnya...


Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua...

1 comment:

  1. wah sudah lama juga ya konsep membuatan emailnya

    ReplyDelete

Sejarah E-mail

Comments :

1
Jefry said...
on 

wah sudah lama juga ya konsep membuatan emailnya

Post a Comment